The Wednesday Letters: Setiap keluarga memiliki rahasia

Keluarga itu tempat kita bisa jadi apa saja. Tempat berkeluh kesah dan tempat berpaling ketika membutuhkan pertolongan. Seenggaknya itulah gambaran keluarga ideal yang ada dalam benak hampir setiap orang. Namun, keadaannya nggak selalu begitu.

Keluarga Jack dan Laurel Cooper terlihat baik-baik saja. Namun sebenarnya, ada masalah yang terpendam dalam pernikahan mereka yang sudah memasuki usia senja. Masalah tersebut pelan-pelan diketahui anak-anaknya lewat surat yang ditulis Jack untuk Laurel semasa mereka hidup.

Berkisah seputar surat tersebut dan problematika keluarga Cooper, The Wednesday Letters menggambarkan betapa kuatnya sebuah hubungan keluarga. Ketiga anak keluarga Cooper berusaha tegar dan saling menguatkan menghadapi masalah yang hampir menghancurkan hubungan ayah dan ibunya.

Nggak heran kalau The Wednesday Letters termasuk buku laris menurut New York Times. Cerita dalam The Wednesday Letters dibuka dengan sebuah tragedi kematian Jack dan Laurel yang terjadi secara berurutan dalam satu waktu. Kemudian cerita bergulir setelah salah satu dari ketiga anak mereka menemukan tumpukan surat yang ditulis Jack. Namun, beberapa bagian memiliki alur yang lambat, sehingga membuat saya ingin meloncat ke ending cerita.

Bersabar melewati alur yang lambat itu membuahkan hasil yang memuaskan. Ending cerita The Wednesday Letters membuat  mata sedikit berkaca-kaca dan menyesakkan dada. Lewat The Wednesday Letters, kita belajar memahami, bahwa ikatan keluarga akan tetap kuat meskipun telah lama berpisah dan menjalani hidup sendiri-sendiri.

Seperti tokoh Malcom yang memutuskan untuk pergi ke Brazil setelah mengalami patah hati. Kemudian tokoh Matthew yang memiliki problema dengan keturunan, dan Samantha, seorang orang tua tunggal yang ingin kembali ke panggung Broadway. Mereka saling tak bertatap muka dalam hitungan tahunan. Namun, ketiganya berhasil melalui masa sulit setelah mengetahui kenyataan pahit yang terpendam dalam keluarga mereka.

Problematika ketiga tokoh utama tersebut menjadi ramuan utama The Wednesday Letters untuk mengantar pesan moral yang hendak disampaikan, yaitu kekuatan keluarga. Tak peduli seberapa sibuknya masing-masing anggota keluarga, mereka akan selalu siap sedia memberikan bantuan dalam bentuk apapun.

★★★✩✩

Penulis: Jason F. Wright

Penerbit: GagasMedia

Halaman: 336, 14 x 20 cm

SUDAH BACA YANG INI BELUM?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *