Peringkat kesetaraan gender Indonesia diantara negara-negara maju

Laki-laki dan perempuan memang berbeda. Sudah jelas kan? Dari segi fisik saja kita sudah beda banget. Sudahlah terima saja!

Namun, dari segi hak? Apakah juga berbeda? Menurut saya kok nggak ya. Perempuan mempunyai hak yang sama dengan laki-laki. Hak untuk mendapatkan kehidupan yang layak, hak mengenyam pendidikan yang tinggi, hak mendapat gaji yang sesuai dengan kemampuannya, dan masih banyak hak-hak lainnya.

Istilahnya sih kesetaraan gender. Topik kesetaraan gender sering digembar-gemborkan di era modern ini. Saya sendiri memang tertarik pada topik semacam ini. Apalagi setelah membaca National Geographic Indonesia edisi khusus bulan Januari yang membahas tentang ekspresi gender.

Banyak yang dibahas di sana, garis besarnya mengenai spektrum gender yang makin meluas di era millennium ini. FYI, saat ini kita nggak cuma mengenal jenis kelamin laki-laki dan perempuan saja lho, ada istilah gender baru semacam interseks, genderfluid, queer, dan masih banyak lagi. Namun, saya tertarik pada pembahasan mengenai kesetaraan gender.

Kesetaraan gender di Indonesia dan negara maju

img_20170106_092009_hdr1
National Geographic edisi khusus isu gender

Seperti yang kita ketahui kesetaraan gender di Indonesia dianggap sebagai topik recehan. Banyak orang yang masih menganggap kemampuan wanita bagaikan butiran debu. Nggak dianggap. Sepertinya hal tersebut sudah lumrah, karena di masyarakat kita kan wanita identik dengan dapur dan bayi. Jadi, buat apa sekolah tinggi-tinggi dan mengejar karir?

Selain dianggap nggak perlu mengenyam pendidikan tinggi, perempuan juga dianggap lemah dan sering dijadikan bahan guyonan. Banyak laki-laki yang sering melakukan catcalling pada mereka. Bahkan, di suatu iklan rokok pun mereka dianggap permainan.

Itu di Indonesia. Bagaimana dengan kesetaraan gender di negara maju? Amerika Serikat misalnya. Kira-kira ada di peringkat keberapa kesetaraan gender di sana?  Kalau tebakan kamu di rentang 10 besar, TELOLEEEET! Salah!

Amerika Serikat berada di peringkat ke-24. Ketimpangan gaji antara laki-laki dan perempuan di sana sangat besar. Di bidang politik pun sangat sedikit perempuan yang memiliki kedudukan superior. Hal itu semakin diperkuat dengan gagalnya Hillary Clinton menjadi presiden perempuan pertama Amerika Serikat.

Negara maju lainnya seperti Jepang malah menduduki posisi di bawah Indonesia. Negeri matahari terbit itu menduduki peringkat ke-80. Disusul Korea Selatan di peringkat 89. Sedangkan paling akhir adalah Yaman di posisi 109.

Di tahun 2017 ini semoga gender di Indonesia semakin setara. Laki-laki dan perempuan bisa bekerja sama bahu-membahu menjadikan Indonesia lebih baik lagi. Aamiin.

SUDAH BACA YANG INI BELUM?

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *