Abaikan 4 godaan ini agar tetap fokus saat bekerja dan sukses di tangan anda

Wuss! Judulnya ndakik-ndakik dan panjang ya, tapi tenang saya nggak akan bikin sampeyan pusing dan bosan dengan tips yang biasa-biasa aja. Lha wong saya sendiri juga bosen kok sama tips begitu-begitu.

Jadi, kali ini saya ingin berbagi tips bagaimana caranya bisa fokus saat bekerja. Ini penting banget lho! Kalau sampeyan nggak fokus bekerja , wah gaswat! Pekerjaan bisa nggak selesai dan kena semprit bos. Efek paling parahnya bisa menunda kesuksesan. Aduh mak! Emoh to?

Rahasia fokus kerja adalah sampeyan kudu kuat menahan godaan. Ya, itu dulu kuncinya. Terus godaannya macam apa Mas Embuhkah? Macam-macam, mulai dari nonton film, dolanan sosial media, ndengerin musik, sampai dengan godaan istri. Baiklah nggak perlu lama-lama lagi, kita tebas satu-satu.

1. Nonton film saat kerja, hmmmm embuh kah

Ya masak kerja sambil nonton film to? Aduh! Nggak masuk blas.

Lha gimana kan butuh refreshing?

Benar sampeyan, tapi sebisa mungkin jangan nonton film. Nanti tambah lupa pekerjaan? Nggak percoyo? Saya sudah membuktikannya. Di sela-sela kerja, saya sengaja putar serial favorit buat refreshing. Dalam hati saya berjanji, ‘1 episode saja’. Selalu janji begitu, tapi apa jadinya? Matek penasaran! Muter lagi satu episode, dalam hati berjanji, ‘siji engkas wes.’ Episode selanjutnya selesai, lalu apa yang saya lakukan? MUTER LAGI. Begitulah lingkaran setan berlangsung, sampai pada penyesalan, ‘Duh! Ngapain aku tadi nonton film rek?’

2. Dolanan sosial media, ngetwit, mesbuk, ngepath. Kepet!

Sosial media itu memang bikin lupa daratan. Awalnya ngecek twitter buat cari inspirasi. Gak nemu, pindah fesbuk. Gak nemu juga. Ngepath ah!

‘Aduh hemmmmm, si anu eksisnya banget. Wih gila si anu ke sana. Duh iriiii, pengeeen! Heemmm arek iki pancet ae.’

Rempongan ini. Whats app. Kontak bojo.

“Heee Yang, ngerti nggak seh anak ini lho anu di path”

“Mosoooooook?!!!”

“Sumpaaah!”

Blablabalablabalabalablablbla

Munthuk.

Pekerjaan? Makanan apa itu? Makanya kalau kerja itu ya mbok ya fokus.

Lha kalau kerjanya admin sosmed?

Yo, plis. Mbuka yang di adminin saja bisa to?

3. Musik asik, goyang sik!

Beberapa orang memang suka bekerja dengan mendengarkan musik. Termasuk saya, apalagi kalau lagu-lagunya 2NE1 yang sudah pecah itu. Duh gak mandek-mandek! Sambil nyanyi, samba ngetik, sambil mikir. Yang paling banyak kerja mana hayo akhirnya? Lambe! Tangan Cuma nongki syantik di atas keyboard. Otak mati gak berproduksi. Akhirnya? Joget-joget wes.

Lain kali, cobalah sampeyan mendengarkan musik yang nggak ada liriknya. Instrumental gitu. Katanya seh bisa bikin fokus.

4. Godaan istri

Yaaaaaang….

Arrrgh!

Nah, itu lah beberapa godaan yang harus sampeyan abaikan kalau pengen tetep fokus. Saya nggak maksa buat ngikutin lha wong itu pengalaman saya saja. Kalau sampeyan punya tips sendiri, tambahin age di kolom komentar.

SUDAH BACA YANG INI BELUM?

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *