Lion, secuil keping kisah kehidupan anak di India

Kalo denger judul film Lion kira-kira garis besar ceritanya mengenai apa menurut sampeyan? Tentang kebun binatang? Sirkus? Animasi? Klub sepak bola? Bukan! Lion bercerita tentang seorang anak kecil bernama Saroo yang punya nasib tragis terpisah dari keluarganya selama 25 tahun. Udah baper? Ini belum seberapa lho.

Jadi, Saroo yang malam itu ngotot mau ikut kakaknya kerja tiba-tiba ngantuk setengah mati. Guddu, kakaknya, meminta Saroo untuk tidur di bangku stasiun sampai ia selesai bekerja. Tapi yah, namanya anak kecil, Saroo yang terbangun dari tidurnya kebingungan mencari Guddu. Nggak ketemu, ia pindah tidur ke dalam kereta. Apesnya, kereta tersebut kemudian membawa Saroo sejauh 1.600 km dari kampung halamannya.

Saroo kecil bertemu keluarga baru

Udah pengin nangis? Tahan dulu. Saroo kecil akhirnya tiba di Kalkuta. Ia kemudian berjuang mati-matian untuk kembali ke kampung halamannya di Ganesh Talai. Nasib berkata lain, Saroo tak bisa menemukan jalan kembali pulang. Saroo kecil terpaksa menjalani kehidupan keras di Kalkuta. Ia menggelandang beberapa hari dan kemudian ditolong wanita yang ternyata ingin menjualnya. Berhasil kabur, akhirnya ia dirawat di sebuah penampungan anak hingga para dewa berpihak padanya. Ia diadopsi oleh keluarga bule dari Australia. Babak baru hidup Saroo dimulai di Negeri Kanguru.

Lika-liku hidup Saroo nggak berhenti sampai situ. Saroo dewasa yang diperankan dengan daebak sama Dev Patel ini masih harus bergelut dengan bayangan masa kecilnyai. Keping demi keping masa lalunya tiba-tiba menyatu. Ia merindukan Guddu dan keluarga biologisnya di India.

Poster

Kegalauan tersebut bikin Saroo sensi layaknya cewek yang lagi PMS. Hubungannya dengan sang kekasih, Luce berantakan karena ia sangat fokus dan lumayan tertutup mengenai pencariannya. Walhasil mereka berpisah (sementara).

Lion nggak melulu berkisah tentang kehilangan. Film garapan sutradara Garth Davis ini menunjukkan pada kita, bahwa di dunia ini masih ada mereka yang mau membantu. Lion adalah sebuah drama keluarga yang layak tonton. Lion berhasil memotret kehidupan sosial India dan fakta mengenai kehidupan anak-anaknya. Meskipun nggak terlalu mellow, kedekatan antara Saroo dan Guddu yang sengaja dibangun dari awal film akan mencapai titik kulminasi di akhir Lion. Sampeyan tetap perlu siap-siap tissue.

SUDAH BACA YANG INI BELUM?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *