Gravitasi Seorang Perempuan Pribumi yang Menginspirasi

Alkisah seorang wanita hidup pada masa kolonial. Ia lahir pada tahun 1879. Lahir dalam lingkungan priyayi membuatnya beruntung karena bisa mendapatkan pendidikan yang tak didapat oleh wanita lainnya pada masa itu.

Lewat kemewahan pendidikan ia memiliki pengetahuan yang luas dan menguasai Bahasa Belanda. Namun sayangnya, pada usia 12 tahun ia dipingit oleh ayahnya sendiri karena sudah dianggap dewasa. Hal yang menggelikan, tapi dianggap lumrah pada jaman tersebut. Ia terpaksa menghabiskan hari-harinya terpasung di dalam rumah.

Kendati demikian, rasa ingin tahu dan haus akan ilmu membuatnya tak berhenti belajar. Kemampuannya berbahasa Belanda dimanfaatkan untuk berkirim surat dengan teman-teman Belandanya. Lewat korespondensi tersebut semangatnya belajar semakin terpantik.

Ia semakin tertarik pada emansipasi wanita dan bidang sosial. Tak jarang ia membaca surat kabar dan majalah-majalah berbahasa Belanda. Tak lupa pula ia membuat catatan-catatan kecil mengenai hal-hal yang memiliki daya tarik baginya. Hingga ia meninggal pada tahun 1904, namanya masih dikenang sampai saat ini. Dia adalah Kartini.

Wanita Pribumi yang Menginspirasi

Tak berlebihan rasanya jika kita menyebut Kartini sebagai sebuah gravitasi yang mampu menarik perhatian siapa saja. Sebagai wanita pribumi yang hidup pada masa kolonial, ia tak menyerah begitu saja pada nasib yang tak berpihak padanya. Kartini terus belajar dan menelurkan banyak gagasan yang luar biasa pada jamannya.

Raden Ajeng Kartini via redio.in

Lewat surat menyurat dengan kawannya di Belanda, Kartini banyak bercerita mengenai cita-citanya dan betapa sulitnya menjadi perempuan Indonesia yang terkungkung oleh adat. Hati Kartini getir akan banyaknya rintangan yang menghalangi wanita Indonesia untuk maju. Ia bertekad mengajar para wanita Indonesia dengan pendidikan bebas seperti di Eropa. Namun, ia juga tak ingin budaya Indonesia digerus dengan kebiasaan orang Eropa. Impiannya tersebut terwujud setelah menikah dengan membangun sebuah sekolah.

O, saya ingin sekali menuntun anak-anak itu, membentuk watak mereka, mengembangkan pikiran mereka yang muda, membina mereka menjadi wanita-wanita masa depan, supaya mereka kelak dapat meneruskan segala yang baik itu. Masyarakat kita pasti bahagia kalau wanita-wanitanya mendapat pendidikan yang baik…

Be The Gravity Like Kartini

Menulis untuk menuangkan pikiran via Facebook Luna

Beruntungnya para wanita dan masyarakat saat ini. Kita bisa menikmati pendidikan tanpa belenggu adat pingitan dan penjajahan bangsa lain. Adanya teknologi yang canggih pun semakin mendukung masyarakat untuk memperoleh pendidikan tak hanya dari bangku sekolah saja, tapi juga melalui gadget dan koneksi internet.

Kita bisa menjadi gravitasi seperti Kartini bersama smartphone Luna. Smartphone canggih Luna adalah gadget canggih yang dibekali dengan prosesor Mediatek sehingga akses ke aplikasi informatif seperti media sosial atau platform berita tak tersendat. Kelancaran membuka aplikasi dan browsing tersebut semakin didukung dengan ukuran RAM 3GB yang dimilikinya. Jadi kamu bisa dengan bebas mengakses informasi apa saja yang sedang terjadi di seluruh dunia.

Untuk menjadi gravitasi seperti Kartini, kamu perlu berbagi informasi dan menuangkan pikiran dengan banyak orang di sosial media. Untungnya smartphone Luna ini memiliki layar lebar 5 inchi, sehingga kamu bisa dengan nyaman menulis artikel dan berbagi pendapat melalui smartphone.

Fitur Canggih Pendukung Berbagi Gagasan Penuh Inspirasi

Pikiran yang kamu tuangkan melalui tulisan akan semakin mengena pembaca dengan dukungan gambar, apalagi hasil jepretanmu sendiri. Dengan Luna smartphone, gambar jepretan yang kamu hasilkan akan sangat menarik. Luna smartphone didukung dengan kamera utama beresolusi 13MP dan LED Flash, sehingga gambar yang dihasilkan tajam.

Kamera Luna Smartphone via Facebook Luna

Agar tulisan dan jepretanmu bisa langsung kamu akses, menyimpannya di gadget juga menjadi sebuah kebutuhan. Dengan Luna kamu nggak perlu khawatir, memori penyimpanannya sebesar 32GB dan bisa diupgrade dengan memori eksternal hingga 128GB. Jadi, tulisan-tulisan dan hasil fotomu tetap aman dalam genggaman.

So, didukung dengan fitur-fitur canggih serta tampilan yang stylish, you can be the gravity with Luna.

SUDAH BACA YANG INI BELUM?

14 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *