Originals: Mengajarkan jadi pemenang dengan “Tabrak aturan”

Ngomong-ngomong sekarang ini susah banget nyari yang orisinal atau menjadi sosok ‘asli’. Ya nggak? Di jaman yang serba mudah, apa-apa tinggal copy atau copas ini, kita lebih milih jalan tersebut. Buat apa pilih yang susah? Wong yang gampang ada.

Melihat fenomena tersebut, bukan berarti hal yang orisinal tinggal mitos belaka. Semua bisa terjadi dan bisa dipelajari. Salah satunya lewat sebuah buku karya Adam Grant, Originals.

Originals, buku tentang menjadi orisinal

Originals adalah buku kumpulan penelitian yang dilakukan Adam Grants dalam perjalanannya menemukan sesuatu pembentuk orisinalitas. Di sini kamu bakalan banyak menemui kisah-kisah yang inspiratif dari pribadi-pribadi orisinal. Kisah-kisah ini nggak berasal dari orang sembarangan lho gaes.

Cara menjadi orisinal
Cara menjadi orisinal

Selain bukan sembarangan orang, kamu juga bakalan tahu kisah inspiratif dari tokoh-tokoh hebat yang nggak banyak orang kenal. Seperti misalnya pendiri E-Bay Pierre Omidyar. Sekaligus orang TOP seperti Steve Jobs. Uniknya buku ini adalah nggak cuma membahas kesuksesan mereka, tapi juga kegagalan tokoh-tokoh tersebut yang bisa dipakai sebagai bahan pelajaran. Tahu kah kamu kalau Steve Jobs juga terlibat dalam pengembangan segway, sebuah alat transportasi, tapi gagal? Di sini ada penjelasannya. Pokoknya Adam Grant sip banget memaparkan semuanya.

Adam Grant, orang dibalik Bestseller-nya Originals

Sebuah film bagus dinilai juga dari sutradaranya, sama halnya dengan sebuah buku. Orang dibalik suksesnya Originals adalah Adam Grant. Ia menyandang gelar sebagai pendidik terbaik versi Wharton selama 4 tahun berturut-turut.

Adam Grant
Adam Grant

Adam Grant juga merupakan salah satu pemikir manajemen yang paling berpengaruh di seluruh dunia. Di usianya yang belum genap 40 tahun, ia sudah menyandang gelar professor bisnis terbaik di bawah usia 40 tahun. Berkat kehebatannya tersebut ia kerap diundang untuk memberis eminar dan konsultasi oleh Google, Disney Pixar, PBB dan perusahan terkenal lainnya.

Kenapa harus baca Originals?

Originals bab 3
Originals bab 3

Melihat isinya yang ciamik soro dan pengarangnya yang memiliki skill tingkat dewa, Originals layaklah bertengger di rak buku kamu, tapi yo nggak bertengger tok lho yo. Dibaca maksudnya. Hehe. Selain dua hal tersebut, Originals layak dikoleksi karena enak bacanya. Adam Grant memaparkan tips-tips dari pengalaman orang lain yang jatuh bangun dalam perjalanannya menjadi orisinal. Jadi, ia membagikan pengalaman orang lain dan mendidik tanpa terkesan menggurui. Bonusnya lagi, Originals nggak cuma berbicara mengenai kesuksesan sebuah perusahaan, tapi juga membahas sedikit kiat-kita mendidik anak.

SUDAH BACA YANG INI BELUM?

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *