Okja, persahabatan antar spesies yang menguras air mata

Saya punya kucing 4 di rumah. Lucu-lucu dan ngegemesin, at least buat saya. Hehe. Namun, kalau disebut pecinta hewan, saya mah belum sampai segitu. Lha wong masih makan daging kok.

Hewan sendiri memang setahu saya dibedakan jadi hewan peliharaan dan ternak ya. Jadi, tak mungkinlah saya makan kucing atau anjing. Makanya saya sakit hati banget kalau ada orang yang nyakitin mereka. Pun nggak tega kalau lihat kambing atau sapi disembelih. Hiks.

Gegara kelembutan hati saya *dikeplak*, mata ini nggak berhenti ngeluarin air mata pas nonton Okja, besutan sutradara Korea Bong Jon-ho. Alkisah sebuah perusahaan bernama Mirando Corporation bikin sebuah program untuk menyelamatkan bencana pangan global yang diprediksi akan terjadi di masa depan.

Lucy Mirando
Lucy Mirando

Caranya? Dengan mengembangkan spesies baru babi super dan kemudian disebar ke 26 negara di dunia. Salah satu babi mendarat di sebuah rumah sederhana milik seorang kakek dan gadis kecil bernama Mija (Ahn Seo Hyun).

Sepuluh tahun kemudian, babi super bernama Okja ini tumbuh besar dan bersahabat erat dengan Si Mija. Sayangnya, itu juga merupakan saat Okja “dipanen: oleh Mirando Corporation yang di CEO-in sama Lucy (Tilda Swinton).

Okja diculik untuk mulai dimanfaatkan dagingnya. Namun, Mija yang sudah kadung sayang nggak tinggal diam. Cewek gigih dan keras kepala ini berjuang sekuat tenaga agar Okja bisa terus hidup bersamanya di atas bukit nan permai.

Okja nggak bicara mengenai vegetarian

Sempat dengar beberapa review kalau Okja adalah film yang mengajak untuk bergaya hidup vegetarian. Namun, setelah kulihat, tak kudapati tuh ajakan semacam itu. Bagi saya, Okja adalah sebuah pertunjukkan tali kasih yang tak putus antar sesama makhluk hidup.

Mija dan Okja berpelukan
Mija dan Okja berpelukan

Memang sih nggak bisa dipungkiri, setelah nonton Okja saya sempat kepikiran buat nggak makan daging lagi. Soalnya kasihan dan nggak tega lihat banyak babi super yang lucu-lucu itu dikurung dalam kandang dan kemudian dibunuh. Hiks.

Komunitas pecinta hewan yang membongkar bobroknya Mirando

Di tengah dunia yang nggak peduli sama nyawa kucing-kucing di jalanan, peran komunitas pecinta hewan saat ini bisa dibilang lumayan besar. Lewat edukasi yang mereka berikan, kita jadi tahu kalau hewan juga punya hak untuk hidup, makan, dan bersenang-senang. Jadi, berhati-hatilah kau di jalan dan kalaupun terlanjur nabrak, berhentilah sejenak dan uruslah mayat si hewan.

Okja dan Jay
Okja dan Jay

Nah, di Okja ini ada sebuah organisasi pecinta hewan dengan label ALF (Animal Liberation Front) yang digawangi sama Jay (Paul Dano). Misi mereka adalah menyelamatkan Okja-okja lainnya dari tangan besi Lucy.

Usut-punya usut, mereka ini empet sama Mirando yang ternyata membohongi publik. Okja bukanlah seekor ras murni, melainkan produk GMO (Geneticaly Modified Organism) alias rekayasa genetis. Layaknya sebuah produk rekayasa genetis, ada juga dong babi super yang gagal dikembangkan dan kondisinya..aduh jangan ditanya. Selain mereka ini memerangi GMO, mereka juga gedeg dengan peyiksaan yang dilakukan Lucy dkk.

Okja, perpaduan humor kocak dan horror mengerikan

Menuju adegan paling bikin mewek
Menuju adegan paling bikin mewek

Jake Gyllenhaal turut menyumbangkan aktingnya yang mengecewakan di Okja ini. Ia berperan sebagai Dr. Johny, seorang host acara reality show binatang. Karakter Dr. Johny ini mirip-mirip Ace Ventura gitu, cuma si Jake Gyllenhaal kurang maksimal jadi orang konyol.

Bong Jon-ho menciptakan Okja dari racikan humor segar dan horor yang mencekam. Adegan paling memorable bagi saya adalah saat ada orang tua babi super yang rela menyerahkan anaknya ke Mija dan Okja supaya nggak dibantai. Aduh sumpah mewek! Nggak cuma adegan mengiris hati ini aja, kejar-kejaran di mall bawah tanah dengan ending yang nggak diduga juga bikin deg-degan sekaligus ngakak parah.

SUDAH BACA YANG INI BELUM?

4 Comments

  1. Setelah nonton okja saya langsung berkhayal macem2, nggak kebayang mslkan di masa depan nanti binatang ternak bisa dibuat semacam mutant agar menghasilkan daging lebih banyak…serem.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *