4 Kegiatan mengasyikkan ini kalau dilakukan berlebihan jadinya nggak seru lagi

Ada sebuah kalimat yang sering digaung-gaungkan umat manusia sejagad raya, “Tuhan tak menyukai hal-hal yang berlebihan”. Yak! Kopi aja kalau kebanyakan gula jadinya kemanisan dan eneg. Ya nggak? Jadi nggak selera minumnya.

Pun begitu dengan tingkah laku kita. Kalau berlebihan, pasti bikin muak sekitar. Ya to? Contohnya curhat. Bukannya bermaksud jelek-jelekin aktifitas ini, lha wong saya sendiri kadang melakukannya dan aktifitas tersebut juga baik untuk kesehatan. Namun, kalau berlebihan ya lama-lama bikin males yang dengar. Siapa yang nggak jengah kalau denger orang yang dikit-dikit curhat, baik ketemu langsung maupun lewat instant messenger. Apalagi kalau dikasih solusi nggak dipakai, besok-besok diulang lagi. Duh!

Selain curhat, ada nih lagi hal-hal yang kalau kamu lakukan berlebihan bisa menyebabkan kanker, impotensi, gangguan kehamilan dan janin orang males sama kamu

1. Pamer

Di dunia yang sudah serba sosial media ini, pamer menjadi kegiatan yang lumrah. Lagi jalan-jalan, ambil foto terus upload di instagram, check ini path, cerita di facebook, dan share di sosmed-sosmed lainnya. Wajar kok ini, wajar sumpah! Tapi kalau keterlaluan ya kebangetan!

Bergaya
Bergaya

Pamer memang bisa menaikkan pamor. Kita jadi dilirik orang dan mendapat pengakuan. Belum lagi kalau share-share an kita ternyata bagus, dilirik pemburu bakat, dan menghasilkan. Siapa sih yang nolak? Namun, kalau berlebihan jatuhnya malah nggak asik. Dikit-dikit posting foto lagi fitting baju. Beberapa menit kemudian bikin instastory agak-agak nyindir si A. Kemudian upload yang mesra-mesra. Terus pamer kalau lagi tengkar. Asyik apa nggak kalau timelinemu isinya orang-orang model gitu?

2. Cerewet

Punya teman cerewet itu sedap-sedap ngeri. Sedapnya, dia bisa jadi seseorang yang peduli banget sama kita. Mau apa diingetin, diatur ini itu segala macam. Pokoknya gatel lah mulutnya kalau nggak ngomong dan ngatur-ngatur. Ada enaknya juga sih, kita jadi merasa diperhatiin dan mungkin apa yang kita lakukan jadi lebih teratur.

Udah diem deh ah!
Udah diem deh ah!

Namun, kalau sudah berlebihan serasa mau meledak aja ini telinga. Sekali ngatur sih nggak apa ya, tapi kalau diulang-ulang ping suwidak jaran alias berkali-kali, aduh ya mana tahan? Malah jadinya nyinyir dan bikin kesel. Yang awalnya seneng karena merasa diperhaitiin, berubah 180 derajat jadi benci setengah mati.

3. Becanda

Asyik banget deh kalau bergaul sama teman yang suka becanda. Hidup jadi lebih berwarna karena guyonannya yang ada-ada saja. Muka pun jadi kelihatan awet muda karena banyak ketawa, tapi jangan ketawa sendiri lho ya. Temenan sama mereka yang suka becanda juga kecil banget kemungkinannya mengalami hal-hal yang bikin baper.

Ketawa ketiwi
Ketawa ketiwi

Asalkan sesuai porsi sih masih oke-oke aja, tapi kalau udah berlebihan, wah mending mulai jaga jarak deh. Becanda yang berlebihan juga nggak baik bagi kesehatan jiwa. Becanda macam apa nih? Macam-macam agak-agak ngebully gitu deh. Kalau becandanya sudah menjurus ke hal tersebut, mending stop dulu atau kalau perlu kamu ingetin orang tersebut.

4. Sensitif alias baper

Pernah baca suatu artikel yang menyebutkan baper itu nggak apa. It’s okay, it’s natural. Apalagi bagi para wanita (padahal pria juga). Baper itu lumrah kok. Jangan sampai kamu mengekang kebaperan dengan bilang, “ah kamu baperan”. Couldn’t agree more! Siapa-siapa yang mengekang perasaan orang lain itu jahat!

Haduuuuh!
Haduuuuh!

Baper itu cara kita mengungkapkan emosi, biar orang lain nggak macem-macem sama kita. Namun, ada porsi tertentunya. Kalau dikit-dikit baper sih, aduh mak ya malas lama-lama. Kena omongan A, udah suudzon dan baper. Denger si B anu, udah baper. Ah, nggak seru sekali.

Mengontrol diri itu memang susah, tapi masih bisa dipelajari. Kali-kali aja kita mau lebih banyak mendengar dan berkaca, pasti hal-hal yang aslinya mengasyikkan di atas akan menjadi semakin seru. Kita pun jadi pribadi yang pandai menempatkan diri. Ciao! *Tumben aku ngene?*

SUDAH BACA YANG INI BELUM?

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *