Malang Night Paradise, wisata “remang-remang” ramah anak di Kota Malang

Keluar malam dulu identik dengan hal-hal yang negatif. Kalau ada yang keluar malam, dikira mangkal, nek gak gitu dikira pergi ke diskotik. Padahal ya belum tentu. Alhamdulilaaaaah, sekarang kalau keluar malam nggak dianggap gitu lagi. Selain ya nggak selalu gitu, saat ini kok sepertinya geliat diskotik-diskotik udah mulai lemes. Orang lebih tertarik ke kafe atau […]

Continue Reading

TAN, sebuah novel yang menginspirasi

Tan Malaka? Nama tersebut terasa asing sekaligus akrab di telinga saya. Saya tahu, Tan Malaka adalah nama seorang pahlawan, tapi kayaknya bukan pahlawan nasional deh. Eh apa iya ya? Kemudian sewaktu saya pergi main-main ke toko buku, mata ini bersirobok dengan sebuah alfabet besar di salah satu buku, ‘TAN’ begitu bunyinya. Setelah menimbang-nimbang, mampirlah saya ke […]

Continue Reading

7 Penulis hebat yang membuat saya terinspirasi

Menulis adalah kegiatan yang gampang-gampang susah, ya to? Siapapun bisa menulis, wong sekarang nulis itu gampang. Tinggal mencet keyboard aja. Tambahan yang dibutuhkan adalah motivasi dan konsistensi. Kalau nggak konsisten, yawes deh. Nggak maju-maju. Metuwek kan? *hehe*. Seperti yang sudah saya sebutkan tadi, menulis butuh motivasi. Nah, motivasi ini bisa didapat dari luar atau dalam, tapi […]

Continue Reading

Candi Sumberawan, wisata legendaris dan penuh mistis di Singosari

Candi Sumberawan

Ramadan sebentar lagi. Nggak kerasa to? Jadi puas-puasin sekarang main-main maksiatnya. Kayak saya kemarin gitu lho. Nggak ada angin nggak ada hujan tiba-tiba mbolang ke Sumberawan. Di manakah itu? Sumberawan ini letaknya ada di Singosari, Malang. Lokasi pastinya agak susah dijabarkan sih, soalnya masuk-masuk gitu ke perkampungan penduduk. Namun, keep calm nggak perlu panik, ada […]

Continue Reading

3 Hal ini bikin gonjang-ganjing hubungan pertemanan

Nobody is perfect. Tulisan kali ini mengandung sedikit curhat, jadi sebelum sampeyan muntah-muntah membaca curhatan saya, lebih baik segera buka tulisan lainnya aja. Baca cerita saya pas dolen ke Dancok Café juga boleh. Oke saya mulai. Dulu saya punya temen dekat. Pertemanan kami erat banget. Ke mana-mana selalu bersama, sampai-sampai para dosen mengira kami pacaran. […]

Continue Reading

Yala, resto dan cafe a la Timur Tengah murah dan penuh kenangan

Kota Malang memiliki penduduk yang jumlahnya nggak sedikit. Kalau mau googling-googling sih pasti ketemu berapa kira-kira jumlah penduduk Malang. Monggo digoogling. Hehe. Dari ribuan jumlah penduduk tersebut, tentunya nggak cuma orang Jawa aja to yang menghuni kota Malang. Ada etnis-etnis lain yang juga mendiami wilayah Kota Malang yang terkenal akan kesejukannya ini. Kalau kamu sempat […]

Continue Reading

Ada pisang pakai semir, yuk melipir!

Musim hujan nggak kunjung reda ya. Padahal ini sudah bulan April, biasanya sih musim kemarau udah waktunya datang. Ngomong-ngomong soal hujan, dulu saya sering banget kehujanan pas pulang sekolah. Sebagai cowok tulen, saya malu lah kalau bawa-bawa payung waktu itu. Hehe. Jadinya, saya dan kawan-kawan rela berbasah-basahan atau kalau lagi males hujan-hujanan kami mencari daun […]

Continue Reading

Gravitasi Seorang Perempuan Pribumi yang Menginspirasi

Alkisah seorang wanita hidup pada masa kolonial. Ia lahir pada tahun 1879. Lahir dalam lingkungan priyayi membuatnya beruntung karena bisa mendapatkan pendidikan yang tak didapat oleh wanita lainnya pada masa itu. Lewat kemewahan pendidikan ia memiliki pengetahuan yang luas dan menguasai Bahasa Belanda. Namun sayangnya, pada usia 12 tahun ia dipingit oleh ayahnya sendiri karena […]

Continue Reading